Kenalan Sama Clodi yuk



Cloth Diaper atau biasa disingkat clodi adalah popok kain modern yang dapat menampung pipis layaknya disposable diaper, Cuma bedanya ini nggak sekali pake langsung plunggg dibuang begitu aja ya, melainkan bisa dicuci dan kemudian bisa dipakai berulang-ulang.
Saat ini memang clodi sudah banyak dikenal dan juga sudah banyak bunda yang beralih menggunakan Clodi dibandingkan popok sekali pakai atau Pospak. Tapi nggak sedikit juga bunda-bunda di luar sana yang masih awam soal dunia per Clodian. Nah, di bawah ini ada sedikit ilmu mengenai seluk-beluk Clodi semoga bermanfaat ya.

Hal pertama yang penting diketahui adalah bagian-bagian atau istilah-istilah dalam dunia per Clodi an, supaya nggak bingung ya.

·         Outer  : Lapisan luar yang bersifat waterproof. Di bagian outer ini terdapat pengait, ada yang pakai pengait snap button, ada juga yang Velcro tape.

·         Insert : penyerap pipis. Bahan insert ini macam-macam, ada yang microfiber, bamboo, hemp, dan lain-lain.

·         Pocket : Jenis Clodi yang terdapat kantong untuk memasukkan insert, jadi insert tidak bersentuhan langsung dengan kulit bayi.

·         Liner : Lapisan tambahan berupa selapis kain yang digunakan agar pup tidak mengotori bagian dalam clodi, dan juga tambahan lapisan stay dry.

Cara penggunaan clodi:

  • Clodi baru perlu dicuci dulu ya sebelum digunakan. Sama seperti kita beli baju baru kan ya mesti dicuci dulu. Apalagi buat bayi kita yang kulitnya masih sensitive. Pencucian awal clodi sebelum dipakai ini namanya prewashing. Clodi baru harus di prewash minimal 3x sampai 5x. Kok banyak banget? Sekali dicuci aja deh mau langsung pake! Bunda, prewash ini dilakukan untuk membuka pori-pori kain insertagar dapat menyerap ompol secara maksimal. Kalo kurang apalagi nggak prewash langsung pake aja, nanti clodinya cepet bocor lho. 
  •     Clodi jangan disetrika, udah kering langsung pakek. Ringgo, wis garing langsung dianggo.
  •  Masukkan insert ke dalam pocket (jenis  pocket), atau letakkan insert di atas cover (jenis cover) atau langsung siap pakai (jenis all in one
  • Letakkan clodi bagian cover bawah di bawah pantat bayi, kalau bisa sejajar dengan pusar bayi.
  • Tarik bagian  depan cover ke atas sehingga menutup area pipis bayi. 
  •   Atur ukuran dengan mengancingkan snap button atau Velcro. 
  •   Jadi deeeeh, clodi siap menampung pipis si buah hati.

Comments

Popular posts from this blog

Sinopsis & Review Novel Anak Rantau A. Fuadi

Review : NYU Créme Hair Colour untuk Menutupi Uban

Review Mama Bear Teh Pelancar ASI