Enaknya Jadi Siswa Zaman Now


Sebagai orang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan (ciaelah) selama lima tahun terakhir. Ya walaupun cuma seorang guru honorer yang masih dianggap sebagai manusia setengah guru, saya lihat banyak banget hal-hal yang berubah dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Sebagai seorang siswa yang mengenyam pendidikan di tahun 2000an , saya jadi ngiri deh dengan siswa-siswa jaman now. Rasanya saya pengen kembali jadi anak-anak atau remaja lagi supaya bisa sekolah  di jaman sekarang aja deh nggak usah jaman dulu hahaha. Emang apa sih yang bikin iri? Apa keistimewaan siswa jaman now dibandingkan siswa jaman old? Berikut adalah beberapa alasannya.

Guru jaman dulu jauuuuh lebih galak


Kita lihat di berita media massa sekarang, banyak sekali kasus guru yang berurusan dengan hukum karena dilaporkan oleh orang tua/wali siswa. Kasusnya hampir serupa, yaitu diduga guru menganiaya anak muridnya seperti memukul, menjewer, mencubit dan lain -lain. Anaknya ngadu ke Orang tuanya dan orangtua tidak terima, kemudian melaporkan guru ke polisi. Ckckckck

Jadi guru zaman now itu lebih hati-hati dalam mengajar dan mendidik. Nggak ada tuh sekarang hukuman fisik, jewer anak yang bandel, nyuruh push up 100 kali juga nggak berani. Karena ya itu tadi, takut dilaporkan polisi dan komnas perlindungan anak, dan jadi viral deh.

Waktu saya sekolah sejak SD sampai SMA, beuuuhhhh kalo diinget-inget lagi sekarang, bapak/ibu guru saya tuh kereng level dewa. Guru dulu tuh nggak segan menjewer, nabok, nendang murid yang bandel. Hal yang paling saya ingat adalah waktu pelajaran matematika, saya bawa penggaris kecil, ternyata pak guru nyuruh bawa penggaris yang panjang, dipukul deh kepala saya pake penggaris kayu besar yang buat papan tulis itu lho. Pulang-pulang saya nangis tapi nggak pernah ngadu ke orang tua, karena malu.

Emang waktu saya SMP itu masa-masanya hukuman fisik yang paling berat yang saya alami. Guru-guru saya kebanyakan laki-laki yang hukumannya terkenal sadis. Saya pernah lihat kakak kelas laki-laki ataupun perempuan banyak  yang dihukum lari di lapangan basket siang hari, lalu disirami air kobokan kepalanya karena tidak mengerjakan PR matematika.

Lalu ada lagi pak guru ekonomi dan biologi yang terkenal punya cubitan maut kalo kita tidak mengerjakan PR atau nilai ulangan kita dibawah standar. Kalo habis dicubit, lengan kita jadi berdarah dan biru berhari-hari. Saya juga pernah mengalaminya hiks.
Kalo waktu SMA sih mendingan, hukuman fisik mulai berkurang. Paling banter disuruh berdiri di depan kelas aja dua jam atau push up kalo nggak ngerjain PR.

Tapi nggak ada tuh dulu orangtua yang mengadu ke komnas perlindungan anak atau ke polisi. Wah apes banget ya saya sekolah di jaman dulu.

Ujian Nasional jaman dulu itu sungguh sadis


Kemarin ribut-ribut peserta UNBK yang mengadu ke pak menteri pendidikan kalo soal UNBK itu lebih berat dari rindunya Dilan ke Milea, sehingga yang tadinya punya cita-cita jadi dokter berubah haluan pengen jadi peternak lele, saking rumitnya soal UNBK.

Tapi kabar baiknya, UNBK sekarang itu bukan satu-satunya penentu kelulusan siswa. Masih ada ujian sekolah, nilai rapor dan lainnya yang juga jadi pertimbangan.
Ya ampun, waktu saya sekolah dulu, SMP - SMA sekitar tahun 2004-2009. UN itu satu-satunya penentu kelulusan. Nggak peduli walaupun kamu juara umum sekolah tiap tahun, pinter semua mata pelajaran, kalo kamu nggak lulus satu aja mata pelajaran yang diujikan, yaudah kamu nggak lulus dan mesti ikut ujian paket C atau mengulang ujian tahun depan kalo mau punya ijazah SMA. Aturan pemerintah sadis banget ya jaman dulu. Ada salah satu teman saya yang nggak lulus, dan dia sampai frustasi karena malu, bahkan hampir bunuh diri, ngeri banget kan.

Makanya dulu kami menghadapi UN itu seperti mau perang, jiwa raga kami dipertaruhkan. Bahkan kami menggelar istigosah untuk menghadapi UN sampai nangis-nangis. Benar benar menegangkan deh beberapa hari itu . Tiga tahun kami sekolah, lalu kelulusan kami hanya ditentukan oleh tiga hari saja.
Tapi alhamdulillah aturan sekarang sudah berubah, penentu kelulusan siswa sekarang lebih 'manusiawi'. Beruntunglah kalian wahai para siswa zaman now.

Sekarang ada Android yang mengubah segalanya



Waktu saya sekolah, ya ampun media informasi mainstream itu cuma koran atau majalah. Digunting trus dijadikan kliping resep masakan ala Nusantara. Hape masih nokia, belum ada tuh android. Paling banter juga symbian. Flashdisk udah ada sih tapi cuma 512MB. Laptop sama komputer cuma horang kayah yang punya. Mau ngerjain tugas atau ngetik ya ke warnet dong sejam tigarebu maratus. Sekarang mah gampang. Ngetik tugas atau bikin presentasi bisa pake hape aja. Nikmat mana yang kamu dustakan.


Sekarang Perploncoan di Sekolah Udah Dilarang


Kesel nggak sih?
Kesel banget lah kenapa baru sekarang -sekarang ini sih kegiatan perploncoan yang bermodus masa orientasi siswa itu dilarang. Dulu pada kemana aja sih (T_T).

Saya mengalami yang namanya perploncoan itu mulai dari masuk SMP, SMA sampai kuliah. Disuruh pakai atribut kayak orang gila. Mulai dari topi dari besek / cepon nasi lah, tas dari kantong kresek lah, kaos kaki beda warna lah, dasi dari karton daaaan lain lain. Udah gitu tiap hari dimanfaatin trus sama kakak kelas disuruh bawa makanan macem-macem yang butuh duit nggak sedikit.

Belom lagi akting amatiran kakak kelas yang sok cool di depan siswa baru, pakek acara galak pula marah marah mulu. Giliran ada yang cakep minta nomor hape cuih. Yang paling ngeselin itu selalu ada drama konspirasi ngerjain siswa baru yang lagi ulang tahun, dengan drama nggak mutu sampe nangisin anak orang hihh.

Yang terakhir, dan yang paaaaliiing bikin saya iri sampai nangis darah  adalah....

Sekarang, guru dilarang beri PR ke siswa


Yaaaaaaahhhh
Dari dulu ngapaaa pak menteri (T_T)

Saya pernah ngerasain masa-masa belajar paling bikin stress  itu waktu kelas dua SMA. Saya masuk kelas IPA. Setiap hari ada empat mata pelajaran dan tiga dari empat mata pelajaran itu adalah eksak seperti matematika, fisika, kimia, biologi (T_T). Horornya lagi, setiap hari tuh kami dikasih PR yang banyak untuk setiap pelajaran. Yang lebih parahnya lagi, kalo dalam sehari itu ada ulangan semua. Mau belajar yang mana dulu bingung kan hahaha.

Gimana kalo nggak ngerjain PR?
Aduh itu namanya cari mati.
Guru matematika kami yang terkenal killer itu akan menunjuk secara acak siswa untuk maju mengerjakan PR di papan tulis. Nggak boleh lihat buku, kamu mesti hapal rumus dan cara penyelesaian di luar kepala. Itu menandakan kalo kamu ngerjain PR sendiri bukan dapat nyontek. Kalo kamu nggak bisa ngerjain di depan? Wassalam deh, berdiri aja udah di depan kelas nemenin papan tulis selama pelajaran matematika berlangsung hahaha.
 

Itulah lima hal yang bikin saya iri banget sama siswa-siswa jaman now. Jadi adik-adikku yang lucu-lucu, bersyukurlah kamu jadi siswa zaman now . Belajar yang giat dan tekun ya. Buat bangga orangtuamu, dan jangan mainan tiktok melulu.




Comments

Popular posts from this blog

Sinopsis & Review Novel Anak Rantau A. Fuadi

Review : NYU Créme Hair Colour untuk Menutupi Uban

Review Mama Bear Teh Pelancar ASI