Cara Daftar CPNS


Assalamualaikum semuanya, gimana kabarnya?

Kali ini saya mau sharing pengalaman daftar seleksi CPNS tahun 2018 kemarin nih, semoga bermanfaat untuk adik-adik yang mau daftar CPNS juga hehehe selamat membaca ya :-)

Rekrutmen CPNS tahun 2018 kemarin merupakan yang terbesar sepanjang sejarah di Indonesia. Dengan jumlah formasi sebanyak 283.015 dan jumlah pendaftar yang mencapai 3,7 juta wooow emejiiing.

Bandingkan dengan tahun 2014 lalu yang hanya 2,6 juta pelamar, dan 2017 sebanyak 2,4 juta. Tahun 2018 ini mungkin hampir semua kementerian, lembaga, pemerintah daerah baik propinsi, kabupaten maupun kota membuka rekrutmen CPNS.

Saya dan suami adalah dua diantara 3,7 juta orang yang ikut berdesak-desakan memperebutkan salah dua dari sekian ratus ribu formasi CPNS yang ada. Ini sebenarnya kedua kalinya kami ikut tes CPNS. Pertama kali tahun 2014 tapi sama-sama belum beruntung hehehe. Makanya di tahun 2018 kami nggak mau menyia-nyiakan kesempatan yang ada, dan kami persiapkan diri sebaik mungkin.

Biar nggak kepanjangan, di post kali ini saya ceritakan awal mula daftar online sampai berhasil cetak kartu peserta aja dulu ya. Untuk tes SKD dan SKB insya Allah akan saya buat di tulisan selanjutnya.

Kalo dirinci secara garis besar, tahapan pendaftaran CPNS tahun 2018 adalah sebagai berikut :

1. Membuat akun di SSCN 
Step 1 : cek NIK kita 
Step 2 : isi biodata dan upload pas photo 
Trus cetak kartu pendaftaran akun sscn 

Step pertama untuk kita bisa daftar tes CPNS adalah bikin akun dulu di web sscn.bkn.go.id. Pembukaan pendaftaran CPNS tahun 2018 dimulai pada tanggal 26 September 2018. Tapi waktu itu saya nggak gercep daftar, karena di awal-awal pasti yang daftar bejubel biyanget senggol bacok dan pastinya lemot banget aksesnya.

Makanya kami tunggu beberapa hari dan baru mulai daftar pada jumat malam tanggal 28 September 2018.
Kami sengaja mengakses web sscn diatas jam 10 malam, alasannya dua. Pertama, moga aja pendaftar lain udah pada tidur jadi akses bisa lebih lancar. Kedua, supaya anak kami tidur dulu biar nggak rempong hahaha.

Ternyata ouch ternyata, kami susyaaaaah banget akses web sscn. Di step pertama aja yaitu cek NIK, kami gagal terus ya Allah sampe emosi rasanya grrrrrrrrrr. Bahkan sampe subuh kami hampir tidak tidur semalaman pun hasilnya nihil, cek NIK saja di step paling awal pun belum berhasil.

Tidak hanya kami, ternyata jutaan pendaftar lain di luar sana juga ternyata mengalami kesulitan yang sama. Berhari-hari kami terus-terusan mantengin laptop, sabar menahan emosi karena harus ratusan kali, literally ratusan kali bolak-balik reload dan refresh.

Walaupun dalam hati kami kesal banget, kenapa beda dengan tahun 2014 yang begitu mudah aksesnya mau jam berapapun lancar dan cepat.
Tapi susahnya pendaftaran CPNS kali ini kami anggap sebagai bagian tes karakteristik pribadi yang sesungguhnya, mau jadi ASN ya kudu sabar, pandai memanage stress dan pantang menyerah hehehe.

2. Login di sscn pakai akun kita, dan melengkapi persyaratan

Step 1 : upload photo selfie kita dengan menunjukkan ktp dan kartu pendaftaran sscn.

Step 2 : melengkapi biodata lagi

Step 3: memilih instansi dan formasi yang mau kita lamar

Step 4 : upload berkas yang jadi persyaratan seperti ijazah, ktp, pas photo, surat lamaran dan lain lain.

Step 5 : resume dan cetak kartu lagi.

Mulai daftar tanggal 28 September 2018, dan baru selesai pendaftaran sampai resume itu di tanggal 1 Oktober malam. Wow rasanya pendaftaran CPNS kali ini benar-benar menguras tenaga, emosi dan waktu. Tapi alhamdulillah untuk instansi yang saya lamar, cukup daftar online saja nggak perlu kirim berkas lagi lewat pos. Kartu peserta ujian pun tinggal download lalu print sendiri. Ada beberapa instansi yang mengharuskan kirim berkas lewat pos, salah satunya Kemenristekdikti.
Karena banyak keluhan sulit banget akses sscn, akhirnya batas penutupan pendaftaran pun diperpanjang.

Selang beberapa minggu setelah penutupan, akhirnya kelulusan seleksi administrasi diumumkan lewat web instansi kami masing-masing. Alhamdulillah saya dan suami lulus seleksi administrasi.
Tinggal menunggu pengumuman selanjutnya untuk jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan persiapkan fisik dan mental supaya setrong hehehe.
Semoga bermanfaat
#2019jadiASN



Comments

Popular posts from this blog

Sinopsis & Review Novel Anak Rantau A. Fuadi

Review : NYU Créme Hair Colour untuk Menutupi Uban

Review Mama Bear Teh Pelancar ASI